Jujur… siapa takuttt…

July 28, 2008 at 1:52 pm 24 comments

Hai.. hello.. all.. apa kabar hati hari ini?? Mudah mudahan semua baik ..hmm pengen ngobrolin apa ya..?? Ehm gini aja sie mau nanya ama kalian semua.. pernah gak kamu melakukan kesalahan kecil, misalnya ngerusakkin benda atau barang milik orang lain..? Apalagi kamu tau benda atau barang itu merupakan kesayangannya..

Perasaan kamu pasti gak enak kan.. panik dan bingung mau berbuat apa. Pengen terus terang takut dia marah dan kecewa trus kalau diem kamu juga jadi gak tenang dan rasa takut ketahuan akan selalu menghantui..

Hmm ribet kan..kejadian kayak gini sie rasa semua orang pernah mengalaminya.. trus apa donk yang harus kamu lakukan??.. pura pura gak tau? Malah marah marah? Berusaha ngeles? Mencoba nyogok? Atau memilih jujur berterus terang??
Sebenernya apapun yang kamu lakukan,semua ada efeknya..

Karena enggak langsung diketahui sama yang punya barang bisa aja kamu mendiamkan persoalan ini berpura pura gak tau. Sikap kamu ini emang sementara akan membuat suasana normal seperti gak terjadi apa apa. Tapi apa kamu yakin? Karena tanpa diundang rasa bersalah akan muncul pada diri kamu dan membuat kamu gelisah. Selain itu ada resiko yang lebih gede, temen kamu akan kecewa pada kamu yg menyembunyikan kenyataan, kemudian dia marah besar dan jadi gak percaya lagi ama kamu dan satu lagi, keseringan bersikap kaya gini bikin kamu jadi penakut…

Atau seperti temen sie.. udah jelas dia salah eh dia malah berbalik marah2 dan nyalahin orang.. sikap kaya gini memang bikin dia tampak unggul.. tapi tindakan ini pasti buat orang kesal.. iya dong.. gimana gak kesal orang yang seharusnya dapet ”ganti rugi” eh malah ketimpa kemarahan, bisa jadi kamu akan kehilangan respek dari temen temen dan terkadang kamu jadi dijauhin teman. Sedangkan efek bagi diri kamu sikap kaya gitu akan buat kamu gak bisa instropeksi diri, keseringan bersikap kaya gitu bisa bisa akan buat kamu jatuh pada kesalahan yang lebih besar.. Jangan ya!

Ada lagi yang paling sering tanpa sadar kamu lakukan.. termasuk sassie hi hi.. yaitu nyogok! Sie pernah gak sengaja mecahin pot bunga kesayangan ibu sassie.. waktu itu sie panik banget.. kebayang dah ibu pasti ngomel ngomel krn pot kesayangannya pecah.. trus sie baik baikin ibu hi hi.. sie pijettin.. sie bantuin masak pokoknya jadi dua kali lipat deh rajinnya.. abis itu pas ibu udah seneng baru sie cerita kalo tadi abis mecahin pot he he ibu sih engga marah besar cuma jewer telinga dikit hi hi.. Maaf ya buuu

Sebenarnya khusus untuk masalah yang sensitif ”Nyogok” bisa diterapkan. Tujuannya bukan supaya menguntungkan kita tapi lebih untuk memberikan kesenangan yang lain karena kehilangan sesuatu. Tapi secara umum ”nyogok” cara yang kurang mendidik coz ini akan mengembangkan sikap kita untuk minta pemakluman orang lain dengan cara yang kurang alamiah, dan akan membuat kita jadi kurang bertanggung jawab.

So, dari semua yang udah sie bilang di atas tadi kayanya ”bicara jujur dan terus terang” adalah yang paling baik dengan bicara langsung kita akan merasa plong. Konsekuensinya kita bisa kena semprot abis abisan, atau kalaupun dia gak marah kita jadi gak tega ngeliat ekspresi kekecewaan teman tadi. Makanya kita perlu liat situasi dan nyiapin kata kata yang gampang dimengerti dan siap menerima konsekuensinya.

Pffhh… agak berat memang, tapi ini baik buat kita, ini akan melatih tanggung jawab kita secara nyata dan ini juga akan buat kita makin tahan mental, sebab kita jadi belajar saling terbuka tanpa rasa takut untuk terluka. Inilah ”PILIHAN TERBAIK” yang akan buat kita makin dewasa. dan juga karena kita udah berani mengakui kesalahan orang lain akan lebih mudah maafin kita, sehingga gak akan ada lagi ganjelan dalam hidup kita selanjutnya..

Kesimpulannya.. berbuat kesalahan pada orang lain adalah hal yang wajar. Itulah seninya hidup jadi manusia.. dengan tau seluk beluk dan cara menghadapinya kita akan makin mantap untuk memilih yang terbaik. Kalaupun sekarang kita masih sering salah pilih dan gak berani jujur ngakuin salah karena belum siap menerima resikonya, itu juga masih wajar kok.. yang penting sekarang ini kamu kamu tau mana yang paling baik dan mencobanya.. dont worry to try it.. Masih ada banyak kesempatan untuk belajar… betul engga?? Pasti betulll… orang yang nulis sassie kok he he he he…

Entry filed under: karyaku. Tags: .

”Gelisahku” Cinta Ditolak???…Take it easy ajaaaahh

24 Comments Add your own

  • 1. terpidanamati  |  July 28, 2008 at 3:48 pm

    sorry ya de, kpanjangaaaaaan.., binun mo komen apa.., serahin ama yg jago2 bikin komen aja dah.. yg penting aq yg pertama..!! yess..

    Reply
  • 2. fitri  |  July 28, 2008 at 5:29 pm

    hidup jujur…………
    Jujur itu bikin hati tenang kok….
    Salam

    Reply
  • 3. Sassie Kirana  |  July 28, 2008 at 5:41 pm

    Ya,mbak fit jujur emang bikin nyaman..meski kadang menyakitkan..
    Sie paling suka tuh jujur…apalagi pagi2 sarapan jujur ayam ato jujur kacang ijo hm nyam nyam ha ha hayah..jd laperr..:-D
    Salam kenal thanks uda berkunjung..

    Reply
  • 4. terpidanamati  |  July 28, 2008 at 6:15 pm

    klo jujur yg menyakitkan mah dah sering dibahas…, skali2 jujur yg menyenangkan dunk yg dibahas…!!

    Reply
  • 5. Sassie Kirana  |  July 28, 2008 at 7:20 pm

    Hmm gud idea tuh..gimana kalau dimulai dari kamu???
    Punya pengalaman tentang jujur yg menyenangkan??

    Reply
  • 6. sigid  |  July 28, 2008 at 10:10 pm

    aku pilih jujur kacang ijo ajah deh🙂

    Reply
  • 7. Sassie Kirana  |  July 28, 2008 at 10:56 pm

    Jah…telat..brusan udah diembat ..hi hi..😛

    Reply
  • 8. sigid  |  July 29, 2008 at 6:58 am

    jikalaulah diriku selama ini
    yang paling sulit sebenar-benarnya
    …adalah jujur kepada diri sendiri

    itu… pualiing sulits!

    Reply
  • 9. Sassie Kirana  |  July 29, 2008 at 8:50 am

    Hal tersulit emang jujur pada diri sendiri….ngeboongin perasaan sendiri begitu kan?? Bukan cuma kamu..sie juga kdg2 spt itu kenapa ya? Takut menerima kenyataan gak sesuai harapan? Atau..??hmm.. Masih blm menemukan jawabannya nih..

    Reply
  • 10. terpidanamati  |  July 29, 2008 at 12:35 pm

    contohnya sprti apa tuch..sulitnya jujur pd diri sendiri.., aq masih ga ngerti..! coz slama ini aq slalu menyiapkan diriku utk tetap ikhlas n menerima kenyataan pahit..skalipun !! masuk definisi ngga..?

    Reply
  • 11. heri  |  July 29, 2008 at 12:44 pm

    kok hampir idenya sama yang terlintas di saya ya?😀

    Reply
  • 12. Sassie Kirana  |  July 29, 2008 at 12:59 pm

    Definisi ikhlas tuch tiap org kayanya beda..katanya ikhlas tp dlm hati msh menggerutu..seringkan kita seperti itu..hmm kayanya mesti tanya mas heri nih he he…
    @mas heri..
    Iya ya kok bisa idenya mas heri mampir difikiran sassie juga…hi hi
    Salam buat keluarga ya..

    Reply
  • 13. petak  |  July 29, 2008 at 1:16 pm

    Kalo jujur trus dijewer sih ga papa
    tapi kalo terus dibacok😆

    Reply
  • 14. Sassie Kirana  |  July 29, 2008 at 1:23 pm

    Ha ha ha haduh..si petak bisa aja…liat tingkat kesalahannya kali..kalau berat dan takut dibacok jujurnya di kantor polisi ajah…btw thanks ya udah berkunjung..🙂

    Reply
  • 15. terpidanamati  |  July 29, 2008 at 1:39 pm

    yg ikhlas tapi hatinya menggerutu siapa tuch..? sassie mah ngga kayanya ya…hehehe..

    Reply
  • 16. masben  |  July 29, 2008 at 3:29 pm

    jujur emang enag kog, terutama jujur ayam

    Reply
  • 17. Sassie Kirana  |  July 29, 2008 at 4:01 pm

    Ikhlas tp menggerutu sapa yoo,hayoo sapa..he he
    @mas ben
    Makasih uda berkunjung..suka jujur juga ternyata he he salam kenal

    Reply
  • 18. terpidanamati  |  July 29, 2008 at 8:40 pm

    sassie ngomongnya ke siapa ya…, aq?? ngga juga… hehe..

    Reply
  • 19. igun  |  July 30, 2008 at 1:35 am

    Kata aak gim bohong yang pertama pasti akan diikuti bohong yg ke 2 untuk menjelaskan bohong yang pertama lalu bohong ke 3 untuk njelasin bohong 2 dan seterusnya coz bohonya jd ber seri

    Reply
  • 20. Sassie Kirana  |  July 30, 2008 at 8:07 am

    Hmm..seperti mata rantai gtu ya..so supaya gak terjebak dlm circle of lie..try to be honest.. Just do it..
    Thanks 4 ur coming..happy holiday ya..all!!

    Reply
  • 21. terpidanamati  |  July 30, 2008 at 9:33 am

    Ooo… hari libur toch ? ga inget…

    Reply
  • 22. Q  |  July 31, 2008 at 8:03 pm

    Untung gw orgnya jujur, walau kadang2 boong jg sih, tp cuma dikit,mungkin Tuhan kan ga marah😀

    Reply
  • 23. Sassie Kirana  |  July 31, 2008 at 8:52 pm

    Hayyah..si abang..kok pake tawar menawar sama tuhan..mau banyak ato dikit tetep aja namanya boong he he…

    Reply
  • 24. Rizal  |  January 3, 2009 at 7:18 am

    ^_^ Dulu waktu SMU… saya pernah sekali bohong… ma temen.. padahal sebenernya sepele banget sih…

    Kejadiannya sekitar bulan syawal… kira – kira tahun 1998… masih dalem suasana lebaran sekitar hari ke 5, saya maen (silaturahmi) ke rumahnya..

    Waktu itu saya ditawari untuk ‘makan empek – empek’ dirumahnya lantaran kebetulan mereka bikin🙂

    Karena saya pemalu sangat lah, waktu itu, dan di rumahnya ada beberapa anggota keluarga lain yang kebetulan datang berkunjung… jadi saya maluuu banget kl mo ngambil empek – empeknya…

    Akhirnya saya menolak, tapi terus aja dipaksa… eh akhirnya saya berbohong kalau saya sedang puasa hari itu…

    Eh… ternyata nggak mudah… perasaan bersalahnya terus aja melekat sepanjang hari…🙂

    Akhirnya saya putuskan untuk puasa 6 mulai besoknya… tapi perasaan salahnya nggak hilang – hilang…

    Bener ya… coba kalau jujur… pasti lebih mudah…

    SIE says:
    Yupz..meski menyakitkan atau mengecewakan sebaiknya emang katakan dg jujur🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Support

spacer
keep simple and useful blog spacer
Indonesians’ Beautiful Sharing Network
spacer

Banner

Inspirational & Friendship Blog Award

Photobucket

Award

kajiankomunikasi.wordpress:
award spacer
spacer

Recent Posts

Archives

Blog Stats

  • 73,359 hits

%d bloggers like this: