Sajak ilalang

April 28, 2008 at 2:28 pm 23 comments

ilalang

aku adalah ilalang di tengah rimba belantara
hidupku jauh dari gemerlap dunia
hanya berteman dengan kicau burung dan lolongan serigala
hanya berkawan auman raja rimba dan desisan ular berbisa
hanya bersahabat dengan semilir angin rimba

aku hanyalah sebatang ilalang
tubuhku bergoyang kala ada yang datang
daunku berbisik kala ada yang mengusik
meski hanya sekedar numpang lewat
ataupun menyembunyikan diri dari mara bahaya

aku hanyalah sebatang ilalang
yang terbiasa dengan segala kesunyian
yang terbiasa dengan beragam kenestapaan
yang terbiasa dengan sejuta penantian
yang terbalut dengan ketidakpastian

aku hanyalah sebatang ilalang
yang tumbuh dalam kenestapaan
yang berkembang jauh dari riuh kehidupan
walau dicerca dan ditempa hinaan
aku tetap tersenyum menatap alam yang luas dan gunung yang menjulang

ketika ada yang menghampiriku dengan membawa derita
membawa duka derita dari miskin dan papa
dia akan menganggapku sebagai sahabat
dia akan menganggapku tempat berlindung
dia jadikan aku penghadang terik matahari
dia jadikan aku penghangat dari dingin udara malam
dia anggap aku bagian dari istananya

namun………
ketika dia mulai merasa tumbuh dengan keindahannya
ketika dia mulai bisa menikmati nikmatnya jagat raya
ketika dia bisa meraih seonggok permata
perlahan diriku diturunkan dari istananya
perlahan diriku dilepas dari dinding persembunyiannya
dibuang dan dibakar karna aku sudah tidak berguna

aku hanya ilalang yang terbiasa dihina
dibuang, diinjak dan dicerca
aku hanya sebatang ilalang
yang tetap tersenyum meski dianggap takberguna
mungkin memang sudah lupa dan sudah biasa

rimba damai, 28 april 2008
risa

Entry filed under: karyaku. Tags: .

Dalam Rengkuhan ……..

23 Comments Add your own

  • 1. Mas igun  |  June 27, 2008 at 2:27 am

    Actualy aku suka puisimu tentang sajak ilalang coz yg paling menarik pd bait penghabisan …aku ilalang yg sudah terbiasa diinjak jd ilalang tetap tersenyum coz itu ‘jawaban’ nasib si ilalang bila dia adalah ‘kamu’ allah bisa karena biasa menjadi allah bahagia karena biasa menderita. Itu adalah bahasa alam seperti sehelai daun tertiup angin tak tahu akan jatuh kemana. Kadang aku membiarkan saja angin akan membawaku ke mana mungkin kali ini ke blogg mu..:).

    Reply
  • 2. didin  |  July 10, 2008 at 12:08 pm

    panjang banget sajaknya …

    salam kenal ya .

    Reply
  • 3. Reska Syafrudin  |  July 16, 2008 at 12:30 am

    Sie babe jadi betah main disini, semua isinya menyejukkan hati, kapan ya babe bisa nulis begini. Teruslah berkarya.

    Reply
  • 4. Sie...  |  July 16, 2008 at 1:06 am

    Mas igun,mas didin n babe ryudin thanks ya udah mampir ke mari..maaf bgt bru blz comment2 nya..insya allah lbh rajin ngurusin lagi deh🙂 jgn bosen2 main ya

    Reply
  • 5. che guevara  |  July 24, 2008 at 8:08 am

    Apa nasib loe seperti ilalang itu..? gw turut prihatin.. sumpee..!!

    Reply
  • 6. firexsantos  |  July 28, 2008 at 11:41 am

    wah… blognya asyik yah… salam kenal… dari blogger baru nich….

    masih belajar nich…..;))

    Reply
  • 7. Sassie Kirana  |  July 28, 2008 at 12:21 pm

    He he..salam kenal kembali..sassie juga baru kok..kita sama2 belajar ya..tetap semangka..:-D
    Thanks 4 ur coming jgn bosen2 mampir lagi..

    Reply
  • 8. sigid  |  July 28, 2008 at 3:09 pm

    hmmm rada sentimentil yah🙂

    Reply
  • 9. Sassie Kirana  |  July 28, 2008 at 3:41 pm

    iya nih..salam kenal ya thanks udah berkunjung🙂

    Reply
  • 10. Oka Mahendra  |  December 3, 2008 at 3:12 pm

    Iseng-iseng saya telusuri blog ini untuk mencari tahu apa yang ada di pikiran Sie ketika mulai menulis blog di Sachzqirana.Wordpress.com

    ….

    Ternyata ketika puisi ini ditulis, Sie menggambarkan dirinya sebagai ilalang, sebuah yang dalam bayangan saya adalah makhluk yang tidak berdaya.

    Bagaimana dengan sekarang? Apakah Sie masih menjadi ilalang?

    Reply
  • 11. Sassie Kirana  |  December 3, 2008 at 4:05 pm

    Waduh..mas Oka ngajakin flashback nih..

    Banyak hal yang sie dapat disini mas, ilalang itu udah gak kesepian dan merasa sendiri lagi..

    Meski angin sesekali menerbangkannya dan banyak tangan tangan yang ingin mencabutnya

    Ilalang gak akan pernah mati..dia akan terus tumbuh menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

    Makasih ya mas Oka menyempatkan main kesini, sie ingat pertama kali blogging, sie komen diblog mas Oka dipost tips promosi blog yang agak nyeleneh itu ha ha ha bener bener top deh😀

    Reply
  • 12. Agung Mojosari  |  December 4, 2008 at 7:44 pm

    hehe… ikutan ngintip awal blog ini😀

    Reply
  • 13. Rizal  |  January 3, 2009 at 8:11 am

    Umm… Ilalang… tapi kenapa ya… Ilalang itu meskipun sudah berkali – kali ditebas, kadang kala di bakar pula, tapi tetap aja mampu tumbuh…..

    Reply
  • 14. Kishi  |  March 31, 2009 at 5:02 pm

    ilalang itu keinginannya kuat, justru itu dia sangat tega melihat teman di sebelahnya menjadi kerdil karna keegoisannya….
    salam kenal bloger baru neh… embunrhinoco.blogspot.com

    Reply
  • 15. Mj  |  April 16, 2009 at 5:51 pm

    puisinya bagus banget!!

    benar2 mengambarkan apa yang kurasa.

    tapi… buat orang2 seperti kita memang seperti ilalang, walaupun hanya sebuah ilalang, toh.. Tuhan tetap memberikan kesempatan kepada kita untuk menikmati hidup…

    Reply
  • 16. yusep kabir  |  April 17, 2009 at 10:38 pm

    sungguh puisi yang menggugah hati dan menyentuh
    untuk daerah singgah hati yang terkadang tak kumangerti
    kemana akan lari.wasalam

    Reply
  • 17. Skolastika Kirana  |  May 2, 2009 at 5:58 pm

    wow, bgs bgt puisinya..
    keren ^^ hehehe
    lam knl🙂

    -btw nama kita sama yak? kekekekekkek-

    Reply
  • 18. daPHIInci  |  June 5, 2009 at 5:56 am

    sassie
    puisinya bagus
    page2 yg lain juga bagus semua
    saya smpai menangis mmbca satu dmi satu judul yg tertera di blogmu
    mungkin memang saya yg cengeng dan mudah skali menangis
    tp tulisan kamu, nyentuh banget.

    aniweii
    salam knal sassie
    i get ur blogpage from temen2 di myopera

    i’ll link your blog url to my abal-abal blog

    a bunch of love to sassie🙂

    Reply
  • 19. nahyun  |  October 18, 2009 at 3:16 pm

    Aku adalah ilalang..
    yang mungkin di pandang sebelah mata..
    namun aku lebih baik daripada manusia yang cuma taunya menangisi nasib..
    karena mampu menghijaukan tanah dan mengenyangkan sapi.
    he..he
    Pinjam gambarnya untuk blog gue yaa.. salam kenal
    (www.gomind-nahyun.blogspot.com)

    Reply
  • 20. rosi  |  November 24, 2009 at 3:06 am

    ternyata masih ada tulisan ini

    Reply
  • 21. Ita  |  January 22, 2010 at 11:30 am

    Aq tdk tahu harus ngomong apa tp yg pertama yg ingin aq ucapkan dan kuyakin tak ada kata terlambat untuk sebuah Doa bagi seorang Bidadari yg tlah tenang di Alam Sana .
    * Ya Allah tempatkanlah Sassie di tempat yg paling indah dan nyaman di sisiMU. Amin *
    Sekali lgi aq menangis membaca sebuah Postingan yg terangkai dari hati yg penuh kesabaran dan semangat hidup yg begitu tinggi..
    Ya Allah Terima-kasih tlah membawaku pada sebuah KEBUN yg begitu SEJUK dan ASRI yg akhirnya membuatku terdampar di Padang yg di tumbuhi ILALANG. Yah.. Ilalang yg akan trus tumbuh tampa henti. SASSIE KIRANA wlupun baru tadi malam aq melihat tulisanmu namun yakinlah enkau tlah meninggalkan tapak yg akan trus di kenang, berbahagialah enkau di sana di Sisi Allah yg Maha Pengasih .

    Reply
  • 22. Ita  |  January 22, 2010 at 11:45 am

    O iya, aq berharap Blog ini gk di kunci biarkan orang masuk wlupun cman bsa melihat saja, aq yakin setiap yg kesini insya Allah akan mendapatkan Hikmah……..
    Amin………

    Reply
  • 23. Ita  |  January 22, 2010 at 11:55 am

    O iya, aq berharap Blog ini gak di kunci biarkan orang-orang masuk wlu cman sekedar memandang, aq yakin setiap yg kesini Insya Allah akan mendapatkan Hikmah………..
    Amin………

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Support

spacer
keep simple and useful blog spacer
Indonesians’ Beautiful Sharing Network
spacer

Banner

Inspirational & Friendship Blog Award

Photobucket

Award

kajiankomunikasi.wordpress:
award spacer
spacer

Recent Posts

Archives

Blog Stats

  • 73,359 hits

%d bloggers like this: